Rahma Computer Kediri, Terdepan, Tercepat dan Terpercaya

Senin, 26 September 2011

Tips Bagi Pengusaha Warnet dan Calon Pengusaha Warnet - Part 1

Tips Bagi Pengusaha Warnet dan Calon Pengusaha Warnet - Part 1


Bagi Pengusaha warnet maupun yang berencana membuka usaha warnet, berikut adalah artikel yang bisa anda jadikan panduan agar Warnet anda selalu ramai pengunjung dan pengunjung yang ke warnet anda selalu datang kembali lagi ke warnet anda. Berikut ini artikel nya ;
1.Keramahan
Faktor utama yang membuat warnet senang dikunjungi konsumen adalah senyuman dan keramahan sang operator, bantulah sebisa mungkin problem, pertanyaan, keluhan konsumen. Dan jika ada faktor yang merugikan konsumen seperti billing mereka lewat sedikit, computer hang, tapi tarif sudah berjalan, usahakan relakan saja alias digratiskan kelebihannya
Jangan mengejek konsumen yang gaptek, usahakan akrabkan diri pada konsumen, ajak bincang-bincang/ngobrol saat mereka senggang (saat ngantri misalnya), jangan sekali2 mengejek salah satu konsumen dari belakang karena factor negative dari word of mouth itu sangat kuat efeknya jika saja ada teman konsumen yang mendengar.
Jika pelanggan merasa senang, puas dan merasa dihargai, dijamin mereka akan balik lagi atau malah jadi pelanggan tetap, apalagi jika pelanggan telah menjadi temen anda, dijamin warnet akan menjadi tempat tongkrongan rutin.
Namun minusnya, faktor keramahan ini sulit diterapkan bagi yang memakai karyawan, karena karyawan berpikir “tugas ane kan menjaga, senyum ramah tamah juga kita ga ada dapet apa-apa, lagian ini bukan warnet kita” (pengalaman pribadi dan rekan sesama operator).
2.Tarif
Soal tarif faktor yang utama adalah jangan menaruh harga diatas harga pesaing jika warnet anda tidak memiliki kelebihan dibanding pesaing, dan berlakukan set billing setiap 15 menit sekali, jangan begitu login langsung dipatok setengah jam main karena tidak semua konsumen akan bermain lama dan mereka bisa tersinggung karena berkesan billing warnet memaksa.
usahakan menjelang tengah malam berlakukan happy hour (discount tarif/paket) dan jika mau pendapatan lebih harus berani buka hingga dini hari sebab menurut analisa siang hari adalah aktivitas remaja dan anak-anak, malam adalah aktivitas remaja-dewasa, pendapatan rata-rata harian warnet untuk 10 unit adalah 300.000, bisa lebih atau kurang tergantung tarif, pelayanan dan lokasi.
3.Kenyamanan
Kenyamanan salah satu faktor yang penting, bagi warnet system kursi pilih lah kursi yang empuk, nyaman, jangan kursi yang keras/plastik/besi dan tidak ada senderan punggungnya, untuk lesehan sediakan bantal untuk senderan dan tidur-tiduran, sirkulasi udara warnet juga harus bagus, jarak sekat antara warnet harus sedikit berjauhan karena jika ada yang merokok, bau apeknya akan terasa ke sebelah, sediakan kipas angin di setiap sudut, bisa juga memakai AC tapi minusnya perokok tidak bisa merokok.
4.Kebersihan
Kebersihan bilik juga salah satu factor yang utama, konsumen akan merasa risih jika bermain sambil ditemani sampah (misal dari pemakai sebelumnya), usahakan setiap konsumen out, warnet di cek dan apabila kotor segeralah dibersihkan, jika perlu sediakan kotak sampah didepan setiap bilik.
5.Konsumsi
Konsumsi sangat berguna untuk menambah pemasukan warnet, sediakan lah makanan dan minuman ringan serta rokok untuk dijual, pajang dalam display yang menarik, dan makanan & minuman ringan tersebut harap dijual dengan rendah/pantas, sebisa mungkin hindari menjual minuman berharga tinggi seperti kalengan dan botolan, jualah minuman gelas yang harganya Rp.1000-an dan snack yang berharga Rp. 500-an, untuk rokok pilih yang mereknya banyak dikonsumsi anak muda, apabila memungkinkan jual pulsa elektrik juga.
6. Privasi
Sekat Bilik warnet minimal 70/100cm x 160cm, tujuannya agar konsumen disebelahnya tidak bisa melihat aktivitas konsumen lainnya saat berdiri, karena diintipi saat bermain sangat tidak menyenangkan dan membuat kesan risih serta mempermalukan konsumen, konsumen bebas membuka apa saja asal tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban orang lain.

7. Desain Dekstop
1. Usahakan desktop setiap PC themes nya didesain yang menarik, biar enak dipandang mata, daripada standar. Pasang juga wallpaper yang keren, kalau bisa pasang software yang mensetting agar tiap harinya wallpaper berganti secara otomatis.
2. Game Online yang diinstal cukup yang populer & banyak dimainkan, selain itu install juga game offline yang kira2 bagus
3. Situs-situs penting seperti google, facebook, dan yahoo jangan lupa di bookmark di setiap PC untuk mempermudah pengunjung.

Sumber : ARif Romadhona (Kaskus.us, ID:Excimers).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york